Saturday 22 April 2017

Polisakarida

Polisakarida


Pengertian Polisakarida

Polisakarida adalah molekul karbohidrat polimerik yang tersusun atas rantai monosakarida yang panjang dan terikat oleh ikatan glikosidik. Polisakarida merupakan suatu makromolekul (molekul besar). Jika mengalami hidrolisis, maka akan menghasilkan monosakarida dan disakarida.

Polisakarida seringkali bersifat heterogen, mengandung sedikit modifikasi unit berulangnya. Makromolekul ini dapat memiliki sifat yang berbeda dari para penyusunnya, tergantung pada struktur. Polisakarida dapat bersifat amorf (berbentuk tak beraturan). Beberapa polisakarida bahkan tidak larut dalam air.

Polisakarida mengandung lebih dari sepuluh unit monosakarida. Pengkategorian karbohidrat masuk ke dalam oligosakarida atau polisakarida memang terkadang bias, dan itu tergantung dari pendapat masing­masing ahli biokimia.


Rumus Umum

Sakarida alami umumnya berupa karbohidrat sederhana yang disebut monosakarida dengan rumus umum (CH2O)n dimana n adalah tiga atau lebih.

Contoh monosakarida adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Sedangkan polisakarida memiliki rumus umum Cx
(H2O)y dimana x biasanya antara 200 dan 2500. Mengingat bahwa unit berulang dalam rantai polimer sebagian besar adalah monosakarida enam karbon, rumus umum polisakarida juga dapat direpresentasikan sebagai (C6H10O5)n di mana 40≤n≤3000.


Jenis-Jenis

Polisakarida dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu penyimpanan dan struktural. Berikut adalah beberapa contohnya:

Polisakarida penyimpanan

Pati
Pati adalah polimer glukosa dimana unit glukopiranosa terikat oleh ikatan alfa. Pati tersusun atas campuran amilosa (15­20%) dan amilopektin (80­85%).

Amilosa terdiri dari rantai linier dari beberapa ratus molekul glukosa, sedangkan amilopektin adalah molekul bercabang yang terdiri dari beberapa ribu unit glukosa (setiap rantai 24­30 unit glukosa merupakan satu unit amilopektin). Pati tidak larut dalam air . Pati dapat dicerna oleh organisme yang dapat mematahkan ikatan alfa (glikosidik). Manusia dan hewan memiliki amilase, sehingga bisa mencerna pati. Kentang, beras, gandum, dan jagung merupakan sumber utama pati dalam makanan manusia.


Glikogen

Glikogen berfungsi sebagai cadangan energi jangka panjang pada hewan. Glikogen merupakan energi primer yang disimpan di jaringan adiposa.

Glikogen dibuat oleh hati dan otot, tetapi juga dapat dibuat melalui glikogenesis dalam otak dan perut 

Struktur dua dimensi dari glikogen



Glikogen merupakan analog dari pati. Glikogen memiliki struktur yang mirip dengan amilopektin tetapi lebih bercabang dan rapi daripada pati. Glikogen merupakan polimer dari α(1→4) ikatan glikosidik, dengan α(1→6) cabang yang terhubung. Glikogen ditemukan dalam bentuk butiran dalam sitosol / sitoplasma di banyak jenis sel, dan memainkan peran penting dalam siklus glukosa. Glikogen membentuk energi cadangan yang dapat dengan cepat dimobilisasi untuk memenuhi kebutuhan glukosa mendadak. Glikogen lebih cepat tersedia sebagai cadangan energi daripada trigliserida (lemak).


Polisakarida struktural

Selulosa

Komponen struktural tanaman kebanyakan terbentuk dari selulosa. Kandungan kayu sebagian besar adalah selulosa dan lignin, sedangkan kertas dan kapas adalah selulosa hampir murni. Selulosa adalah polimer yang dibuat dari unit glukosa berulang disatukan oleh ikatan beta. Manusia tidak mempunyai enzim untuk memecah ikatan beta, sehingga tidak bisa mencerna selulosa. Hewan tertentu seperti rayap dapat mencerna selulosa, karena ada bakteri yang menghasilkan enzim beta dalam usus. Selulosa tidak larut dalam air. Jika dihidrolisis, selulosa menghasilkan glukosa. Selulosa adalah karbohidrat paling melimpah di alam.


Kitin

Kitin merupakan salah satu polimer alam. Kitin membentuk komponen struktural banyak hewan. Kitin dapat diuraikan secara alami, namun membutuhkan waktu cukup lama. Kitin dapat dipecah oleh enzim yang disebut kitinase. Kitinase disekresikan oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur, dan diproduksi oleh beberapa tanaman.

Secara kimia, kitin berkaitan erat dengan kitosan. Kitosan adalah turunan kitin yang lebih larut di dalam air. Kitin juga terkait erat dengan selulosa rantai panjang bercabang turunan glukosa.


Pektin

Pektin adalah salah satu kelompok polisakarida kompleks yang mengandung ikatan 1,4 residu asam α­D­galaktosiluronik. Pektin ada di sebagian besar dinding sel primer dan di bagian non­kayu tanaman terestrial.



Referensi
https://www.ilmukimia.org/2015/03/polisakarida.html




KESEMPATAN KARIR JADI PENGAJAR/TUTOR "Sahabat Belajar"

Isikan Bodata Diri Dengan Lengkap dan Jelas, Selanjutnya kami akan memberi kesempatan KARIR untuk mengajar kepada anda setiap kesempatan yang ada via data nomer telephone, pin , email kepada anda selalu.

Sementar butuh Area Kota jawa Timur Khususnya Surabaya ,Malang,Sidoarjo.
Klik Gambar dibawah ini


Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar Sahabat belajar yang tidak mengandung unsur penipuan, spam, pornografi juga promosi. Bila ada link yang perlu di cantumkan untuk keperluan pribadi tulis dalam "Join link with us" Terimakasih. "Good Luck"

Manfaatkan web ini, mohon sahabat "Like"