Tuesday 22 October 2013

Sahabat Belajar

* Mungkin sahabat pernah bertanya-tanya, apalah arti sebenarnya sahabat belajar?
Arti Belajar/privat

Belajar adalah “menambah pemahaman” yang akan dilakukan seorang peserta belajar atau didik untuk memperkuat pemahaman atau penguasaan materi yang diperoleh dari tempat formalitasnya, yang mana dengan belajar nantinya perserta didik diharap mempunyai semagat belajar yang lebih, serta memperoleh nilai bagus,memuaskan untuk melengkapi persyaratan keformalitasannya, seperti syarat naik kelas, ujian semester dan kelulusan.

Arti Sahabat Belajar !
Yang pertama adalah sebuah sahabat bimbingan belajar yang “mengutamakan suasana  belajar anak yang nyaman dan tenang dalam proses belajar”. Dengan garis besar, Sahabat Belajar akan menemani belajar dilingkungan manapun, baik di rumah di sekoahan atau pun di instansi-instansi formal yang lainnya, yang nantinya akan berdampak besar untuk memperkuat pemahaman dan penguasaan materi yang di peroleh di sekolahan.
Yang Kedua adalah “Pemantauan yang maksimal”. Dalam proses pembelajaran langsung dipantau oleh pemantau, yang nantinya akan memahami atas segala kekurangan dan kelebihan, baik masalah dengan pengajar maupun anak yang di ajarkan. Semisal untuk proses belajarnya dirumah, maka akan di pantau langsung oleh orangtua langsung, ketika di sekolahan dengan pengawasan guru dan lain sebagainya.
Yang ketiga adalah “fleksibel memilih waktu”. Perlu disadari  oleh orang tua bahwa waktu  merupakan kecenderungan anak beralasan untuk belajar dan berkarya, salah satu contoh ketika waktu ada acara tahunan dan lain-lain maka akan sering anak menganggap waktu itu adalah waktu yang tidak harus digunakan acara lain selain acara tahunan. Di dalam Sahabat Belajar anak bisa memilih kapan waktu dia harus fokus belajar dengan sendirinya, karna itu adalah sebuah unsur kemauan yang besar yang dipilih oleh sianak.
Yang keempat adalah “Fokus kepada pembelajaran yang  terarah”.Sebenarnya semua anak memiliki potensi yang cukup banyak dalam segala aspek pendidikan. Namun perlu juga di ketahui bahwa dari sekian banyak materi yang di kuasai mereka mempunyai titik kelemahan dan kelebihan disatu titik aspek pendidikan, baik itu pemahaman materi A atau B kita semua belum tau, akan tetapi kiata semua bisa berusaha untuk mengetahuinya, sehingga disini Sahabat Belajar  tidak memberi batasan mengenai materi pelajaran yang diinginkan anak apalagi menuruti kemauan tutor atau pengajar yang membawakan materi tersendiri, akan tetapi batasan itu disepakati  oleh “tema” yakni  kesepakatan bersama sebelum pertemuan  yang selanjutnya.
Yang kelima adalah “Sahabat Belajar didukung oleh tenaga tutor ahli”, yakni mahasiswa universitas, baik yang sudah lulus maupun yang  masih proses menempuh belajar di universitas dari berbagai universitas , institut, sekolah tinggi yang negeri maupun yang masih swasta.
Yang keenam “Membangun generasi bangsa”. Sahabat Belajar bukan hanya memberi kesempatan kepada generasi yang akan diajari tetapi juga memberi kesempatan kepada generasi yang sudah mahir untuk membangun generasi berikutnya untuk lebih giat belajar dan berkarya, sesuai potensi yang dimiliki disetiap masing-masing tutor atau pengajar.
 Salam Sahabat Belajar dan Berkarya.

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar Sahabat belajar yang tidak mengandung unsur penipuan, spam, pornografi juga promosi. Bila ada link yang perlu di cantumkan untuk keperluan pribadi tulis dalam "Join link with us" Terimakasih. "Good Luck"

Manfaatkan web ini, mohon sahabat "Like"