Saturday 22 April 2017

Disakarida

Disakarida



Pengertian Disakarida

Disakarida adalah senyawa karbohidrat yang terbentuk dari dua unit monosakarida yang bergabung melalui ikatanb glikosidik. Ikatan glikosidik adalah ikatan yang menjembatani antara cincin-cincin unit monosakarida yang bergabung menjadi disakarida atau polisakarida. Penggabungan dua unit monosakarida biasanya disertai dengan hilangnya molekul air maupun gugus fungsi. Bentuk yang paling sering ditemui di alam adalah sukrosa, laktosa dan maltosa. Ketiganya mempunyai dua belas atom karbon, dengan rumus umum C H O . Perbedaan ketiganya hanyalah susunan atom di dalam molekulnya.


Ikatan glikosidik yang terdapat pada sukrosa menggabungkan unit glukosa dan fruktosa

Jenis­Jenis

Ada dua macam disakarida, yaitu tanpa gugus hemiasetal bebas dan dengan gugus hemiasetal bebas. Berikut penjelasan dan perbedaan di antara keduanya:


Tanpa gugus hemiasetal bebas

Jenis ini dapat dibentuk dengan reaksi dua glikosidik gugus hidroksi dengan gugus yang lainnya yang disebut dengan glikosil glikosida. Jenis ini sering disebut sebagai disakarida non-reduktor. Contohnya adalah sukrosa.


Dengan gugus hemiasetal bebas

Jenis ini merupakan senyawa dengan satu unit glikosil dapat digantikan dengan atom hidrogen dari gugus hidroksi alkoholik dari unit lainnya yang disebut glikosil glikosa. Nama lain jenis ini adalah disakarida reduktor. Contohnya adalah maltosa.

Contoh Disakarida

Berikut merupakan beberapa contoh dalam kehidupan sehari-hari:



Referensi
https://www.ilmukimia.org/2015/03/disakarida.html


KESEMPATAN KARIR JADI PENGAJAR/TUTOR "Sahabat Belajar"

Isikan Bodata Diri Dengan Lengkap dan Jelas, Selanjutnya kami akan memberi kesempatan KARIR untuk mengajar kepada anda setiap kesempatan yang ada via data nomer telephone, pin , email kepada anda selalu.

Sementar butuh Area Kota jawa Timur Khususnya Surabaya ,Malang,Sidoarjo.
Klik Gambar dibawah ini

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar Sahabat belajar yang tidak mengandung unsur penipuan, spam, pornografi juga promosi. Bila ada link yang perlu di cantumkan untuk keperluan pribadi tulis dalam "Join link with us" Terimakasih. "Good Luck"

Manfaatkan web ini, mohon sahabat "Like"