Tuesday 18 April 2017

Pembuatan Koloid

Pembuatan Koloid




Pembuatan koloid dapat dilakukan dengan dua cara yaitu kondensasi dan cara dispersi. Keduanya sangat berbeda, dan dapat dianggap berlawanan arah. Kondensasi berasal dari molekul-molekul kecil yang bergabung sehingga membentuk partikel berukuran koloid. Sedangkan dispersi adalah pemecahan molekul besar sehingga membentuk partikel berukuran koloid.


Pembuatan Koloid Metode Kondensasi

Dekomposisi Ganda

Suatu koloid arsenik sulfida (As2S3) disiapkan dengan melewati aliran lambat gas hidrogen sulfida melalui larutan dingin arsen oksida (As2O3 ). Hal ini berlanjut sampai warna kuning dari koloid mencapai intensitas maksimum.

As2O3 + 3H2S → AS2S3 (koloid kuning) + 3H2O

Koloid dari perak halida diperoleh dengan mencampurkan larutan encer dari garam perak dan halida alkali dalam jumlah setara. Koloid silika gel dibuat dengan metode ini antara larutan encer natrium silikat dan HCl.


Reduksi dan Oksidasi (Redoks)

Contoh pembuatan koloid dengan reaksi redoks adalah sebagai berikut. Suatu koloid koloid belerang dapat diperoleh
dengan melewatkan hidrogen sul da dalam larutan sulfur dioksida dalam air atau melalui larutan agen pengoksidasi (air brom, asam nitrat).

SO2+ 2H2S → 3S + 2H2O
H2S + (O) → S + H2O

Suatu larutan koloid dari logam seperti perak, emas dan platinum dapat dibuat dengan mereduksi larutan garamnya dengan agen pereduksi yang sesuai, seperti timah klorida, formaldehida, hidrazin, asam tanat dll.

2AuCl3 + 3SnCl2 → 2Au (koloid Emas) + 3SnCl4
atau
AuCl3 + asam Tanat → Au (koloid)



Hidrolisis

Metode ini digunakan untuk mempersiapkan hidroksida dan oksida logam elektropositif lemah seperti Fe, Al atau Sn. Koloid besi hidroksida berwarna merah, diperoleh dengan menambahkan beberapa tetes larutan besi klorida 30% terhadap sejumlah banyak air yang hampir mendidih dan diaduk dengan batang kaca.

FeCl3 + 3H2O → Fe(OH) 3 (koloid Merah) + 3HCl



Pembuatan Koloid Metode Dispersi

Dalam metode ini partikel besar dipecah menjadi partikel berukuran koloid. Karena koloid yang terbentuk sangat tidak stabil, maka distabilkan dengan menambahkan beberapa penstabil yang cocok. Beberapa metode dispersi yang digunakan adalah sebagai berikut:


Dispersi mekanik

Dalam metode pembuatan koloid ini, partikel kasar bersama dengan media dispersi dibawa ke fase atau bentuk koloid dengan menggiling di penggilingan koloid, penggilingan bola atau ultrasonik penghancur. Partikel padat sepanjang media dispersi dimasukkan ke penggilingan koloid yang terdiri dari dua pelat baja hampir menyentuh satu sama lain dan berputar di arah yang berlawanan dengan kecepatan tinggi (7000 putaran / menit). Partikel padat yang robek dengan ukuran koloid dan kemudian tersebar dalam cairan untuk membentuk koloid koloid grafit (pelumas) dan tinta cetak yang dibuat dengan metode ini. Baru-baru ini, sebuah koloid merkuri telah disiapkan dengan menghancurkan lapisan merkuri menjadi partikel koloid dalam air, dengan cara vibrator ultrasonik.


Metode Busur Bredig

Proses ini melibatkan dispersi serta agregasi. Larutan logam koloid seperti emas, perak, platinum dll dapat dibuat dengan metode ini. Dalam metode ini busur ldiberi aliran listrik antara elektroda logam yang direndam dalam media dispersi. Panas yang hebat dihasilkan uap beberapa logam, yang kemudian mengembun membentuk partikel ukuran koloid.


Peptisasi

Pembuatan koloid metode peptisasi dapat dide nisikan sebagai proses pengubahan endapan dalam bentuk koloid dengan menggetarkan atau mengocok media dispersi dengan sejumlah kecil elektrolit. Elektrolit yang digunakan untuk tujuan ini disebut agen peptisasi. Pada umumnya, metode ini digunakan untuk mengubah endapan baru ke dalam larutan koloid karena endapan tersebut hanya kelompok partikel berukuran koloid yang ditahan oleh gaya yang lemah. 

elama peptisasi, salah satu ion endapan adsorbsi dari elektrolit pada permukaannya. Pada umumnya, ion teradsorpsi sama dengan endapannya. Hal ini menyebabkan pengembangan muatan positif atau negatif pada endapan yang akhirnya memecah menjadi partikel-partikel yang lebih kecil memiliki dimensi koloid. Sebagai contoh: Ketika baru diendapkan Fe(OH)3 dikocok dengan larutan FeCl3 (agen Peptising) adsorbsi Fe3+ ion dan dengan demikian memecah menjadi partikelpartikel berukuran kecil dari jenis Fe(OH)3 / Fe3+ . 

Demikian pula endapan AgCl pada gemetar dengan larutan encer AgNO3, adsorbsi Ag ion dan akan peptised ke partikel koloid jenis AgCl / Ag+ . Dalam beberapa kasus, peptisation juga dapat dicapai dengan pelarut organik. Sebagai contoh: Selulosa nitrat dipeptisasi oleh etanol.




Referensi
https://www.ilmukimia.org/2017/01/pembuatan-koloid.html





KESEMPATAN KARIR JADI PENGAJAR/TUTOR "Sahabat Belajar"

Isikan Bodata Diri Dengan Lengkap dan Jelas, Selanjutnya kami akan memberi kesempatan KARIR untuk mengajar kepada anda setiap kesempatan yang ada via data nomer telephone, pin , email kepada anda selalu.

Sementar butuh Area Kota jawa Timur Khususnya Surabaya ,Malang,Sidoarjo.
Klik Gambar dibawah ini


Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar Sahabat belajar yang tidak mengandung unsur penipuan, spam, pornografi juga promosi. Bila ada link yang perlu di cantumkan untuk keperluan pribadi tulis dalam "Join link with us" Terimakasih. "Good Luck"

Manfaatkan web ini, mohon sahabat "Like"