Thursday 20 April 2017

Energi Aktivasi

Energi Aktivasi


Pengertian

Energi aktivasi adalah energi minimum yang harus ada pada sistem kimia untuk melangsungkan reaksi kimia. Energi ini diperkenalkan oleh saintis dari Swedia bernama Svante Arrhenius pada tahun 1889. Energi ini juga dapat didefinisikan sebagai energi minimum yang diperlukan untuk memulai reaksi kimia. Energi suatu reaksi biasanya dilambangkan dengan E dalam satuan kilojoule per mol (kJ/mol).


Energi ini dapat dianggap sebagai penghalang potensial (hambatan energi) yang memisahkan energi potensial reaktan dan produk dari reaksi. Untuk melangsungkan reaksi, setidaknya harus ada energi yang sama atau lebih dari energi aktivasi.


Energi Aktivasi Negatif

Dalam beberapa kasus, laju reaksi menurun seiring meningkatnya suhu. Hal ini menyebabkan adanya energi aktivasi negatif.

Reaksi seperti ini disebut dengan reaksi tak berhalangan. Dalam kasus seperti ini, peningkatan suhu justru menyebabkan menurunnya kemungkinan tumbukan molekul satu sama lain.


Persamaan Arrhenius

Persamaan Arrhenius menyatakan hubungan antara energi aktivasi dan laju reaksi. Dari persamaan Arrhenius, energi aktivasi dapat dinyatakan sebagai:

k = Ae-Ea/RT

dimana A adalah faktor frekuensi untuk reaksi, R adalah konstanta gas universal, T adalah suhu (dalam Kelvin), dan k adalah koefisien laju reaksi. Persamaan ini menunjukkan bahwa energi aktivasi tergantung pada suhu.


Katalisis

Katalis adalah suatu zat yang dapat menurunkan energi aktivasi. Di dalam biologi, ada zat katalis yang disebut enzim.
Penting untuk dicatat bahwa katalis meningkatkan laju reaksi, namun pada akhir reaksi katalis tetap seperti keadaan
awalnya (seakan-akan tidak ikut bereaksi). Walaupun katalis menurunkan energi ini, hal itu tidak mengubah energi asli dari suatu reaktan maupun produk.




Referensi
https://www.ilmukimia.org/2014/07/energi-aktivasi.html







KESEMPATAN KARIR JADI PENGAJAR/TUTOR "Sahabat Belajar"

Isikan Bodata Diri Dengan Lengkap dan Jelas, Selanjutnya kami akan memberi kesempatan KARIR untuk mengajar kepada anda setiap kesempatan yang ada via data nomer telephone, pin , email kepada anda selalu.

Sementar butuh Area Kota jawa Timur Khususnya Surabaya ,Malang,Sidoarjo.
Klik Gambar dibawah ini

Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar Sahabat belajar yang tidak mengandung unsur penipuan, spam, pornografi juga promosi. Bila ada link yang perlu di cantumkan untuk keperluan pribadi tulis dalam "Join link with us" Terimakasih. "Good Luck"

Manfaatkan web ini, mohon sahabat "Like"