Monday 24 April 2017

Pengertian, Ciri, Sturktur, dan Klasikasi Kingdom Fungi Beserta Contohnya

Pengertian, Ciri, Sturktur, dan Klasikasi
Kingdom Fungi Beserta Contohnya



Kali ini saya akan memberikan penjelasan singkat tentang materi biologi kingdom fungi mulai dari pengertian, ciri, struktur, dan klasifikasi kingdom fungsi beserta dengan beberapa contohnya. Simak langsung pembahasannya dibawah ini.


Kingdom Fungi/Jamur Beserta Dengan Ciri-Cirinya

Kingdom Fungi atau sehari­hari kita menyebutnya jamur, memiliki ciri­ciri yang berbeda dari organisme lainnya. Ciri­ciri tersebut dilihat dari struktur tubuh maupun cara reproduksinya. Jamur merupakan organisme eukariot. 

Anggotanya ada yang uniseluler dan ada pula yang multiseluler.Jamur tidak memiliki klorofil, yang berfungsi dalam fotosintesis. Dengan kata lain, jamur tidak dapat menyintesis makanannya Oleh karena itu, jamur dikelompokkan sebagai organisme heterotrof. Jamur memperoleh makanan dengan cara absorpsi, yaitu dengan menyekresikan suatu enzim. Kemudian, enzim tersebut berfungsi menghancurkan makanan yang ada di luar tubuhnya. Makanan yang hancur dalam bentuk molekul­molekul nutrien akan diserap oleh jamur.


Cara hidup jamur terbagi menjadi tiga macam, yaitu secara parasit, saprofit, dan mutualisme. Secara parasit, jamur menyerap makanan dari organisme hidup lainnya, seperti tumbuhan, hewan, atau bahkan jamur lainnya. Sari makanan akan diserap oleh jamur parasit dan akhirnya dapat
menyebabkan kerusakan, bahkan kematian bagi organisme tersebut. Adapun jamur yang absorpsi makanannya secara saprofit adalah dengan cara menguraikan organisme mati untuk diserap bahan organiknya.

Jamur yang hidup secara mutualisme adalah jamur bersimbiosis dengan organisme lainnya, contohnya dengan tanaman. Jamur bersimbiosis pada organ akar tanaman tingkat tinggi dan membentuk mikoriza. Hubungan tersebut saling menguntungkan.

Jamur akan mendapatkan makanannya, sedangkan tanaman
yang ditumpanginya akan dapat menyerap air dan mineral dari tanah. Hal tersebut dikarenakan, jamur yang terdapat pada akar akan menyerap mineral dari dalam tanah. Mineral tersebut akan digunakan tanaman untuk menyintesis makanan. Hasil sintesis makanan oleh tanaman akan diserap oleh jamur sehingga keduanya saling diuntungkan.

Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan secara sederhana ciri­ciri dari kingom fungi/jamur yaitu :

  • Jamur merupakan organisme eukariot
  • Jamur tidak memiliki klorofil
  • Jamur merupakan organisme heterotrof
  • Jamur memperoleh makanan dengan cara absorpsi
  • Jamur hidup dengan cara parasit, saprofit, dan simbiosis mutualisme



Struktur Kingdom Fungi/Jamur

Umumnya, dinding sel jamur tersusun dari kitin. Jamur multiseluler memiliki morfologi atau bentuk tubuh yang
bermacam­macam, ada yang seperti kuping, payung, bulat, ataupun setengah lingkaran.

Jamur multiselular memiliki sel­sel memanjang menyerupai benang­benang yang disebut hifa. Hifa akan membentuk cabang­cabang seperti anyaman yang disebut miselium. Miselium ini ada yang berdiferensiasi membentuk alat reproduksi, yang disebut miselium generatif.


Hifa pada jamur ada yang bersekat (hifa septa) dan ada pula
yang tidak bersekat. Pada hifa yang tidak bersekat, inti selnya menyebar dalam sitoplasma. Hifa jamur tidak bersekat ini disebut juga hifa senositik, selain itu ada pula hifa khusus. Pada jamur parasit, Hifa pada jamur ini berfungsi menyerap makanan dari inangnya, Hifa ini dinamakan hifa haustoria.



Bentuk hifa pada jamur (a) hifa bersekat (hifa septa), (b) hifa tidak bersekat (hifa sinositik), dan (c) hifa haustoria


Reproduksi Kingdom Fungi/Jamur

Reproduksi pada jamur dapat secara aseksual dan seksual.
Reproduksi aseksual pada jamur uniselular dilakukan dengan cara pembentukan tunas dan fragmentasi. Adapun pada jamur multiselular dengan pembentukan sporangiospora atau konidiospora. Reproduksi jamur secara seksual dilakukan oleh spora seksual yang haploid (n), berupa zigospora, askospora atau basidiospora. Spora seksual dihasilkan melalui singami, yaitu penyatuan sel atau hifa yang berbeda jenisnya. Dalam proses singami terjadi dua tahap, yaitu plasmogami (penyatuan sitoplasma sel) dan kariogami (penyatuan inti sel).


Klasifikasi Kingdom Fungi/Jamur

Saat ini telah dikenal lebih dari 60.000 jenis jamur. Jamur diklasifikasikan berdasarkan cara reproduksinya menjadi tiga divisi, yaitu Zygomycota, Ascomycota, dan Basidiomycota.


Divisi Zygomycota

Para ahli Mikologi telah mengidentifikasi sebanyak 600 spesies jamur dari divisi Zygomycota. Jamur dari divisi ini umumnya hidup di darat, di dalam tanah atau pada tanaman dan hewan yang telah mati. Jamur divisi ini juga hidup pada makanan yang busuk. Tubuh Zygomycota terdiri atas hifa yang tidak bersekat.

Pada saat akan bereproduksi, beberapa hifa berdiferensiasi membentuk Zigosporangium. Zigosporangium merupakan alat reproduksi seksual pada jamur divisi ini. Adapun reproduksi aseksualnya secara fragmentasi atau disebut juga spora aseksual.

Contoh jamur ini adalah Rhizopus stolonifer atau disebut juga jamur tempe. Jamur tersebut digunakan dalam proses pembuatan tempe. Reproduksi Rhizopus stolonifer terjadi secara aseksual dan seksual.

Berikut ini cara Reproduksi aseksual dan seksual pada Rhizopus stolinifer :



Reproduksi seksual pada jamur tempe terjadi dengan penyatuan (fusi) gametangia dari ujung hifa positif dan negatif. Akibat fusi tersebut terbentuk zigosporangium. Setelah itu terjadi penyatuan inti dan dihasilkan zigosporangium dewasa yang diploid. Dalam kondisi lingkungan yang baik, zigosporangium akan berkecambah dan membentuk hifa­hifa haploid (n). Hifa­hifa tersebut akan menghasilkan spora. Pada reproduksi aseksual spora dibentuk di dalam sporangium yang terletak di ujungujung hifa.

Anggota divisi Zygomycota ada yang hidup parasit pada organisme lain sehingga menyebabkan penyakit. Selain itu, ada pula yang hidup bersimbiosis mutualisme dengan organisme lain. 

Selain Rhizopus stolonifer contoh lainnya adalah Pilobolus.

Divisi Ascomycota

Lebih dari 60.000 spesies dari divisi ini telah teridentifaksi. Nama Ascomycota ini diambil dari kata askus (menyerupai kantung). Askus ini merupakan ujung hifa yang mengalami perubahan inti dan akan membentuk tubuh buah. Anggota divisi ini ada yang hidup sebagai saprofit, terutama pada tanaman. Setengah dari jumlah spesies Ascomycota bersimbiosis dengan alga membentuk Lichen. Beberapa lainnya lagi bersimbiosis dengan tanaman membentuk mikoriza.

Ascomycota sebagian besar anggotanya multiselular. Akan tetapi, ada juga yang uniselular. Contoh Ascomycota uniselular adalah Saccharomyces cereviceae. Adapun contoh Ascomycota multiselular adalah Penicillium. Ascomycota multiselular memiliki hifa yang bersekat. Ascomycota multiselular ada yang membentuk tubuh buah, contohnya Morchella esculenta. Ada pula yang tidak membentuk tubuh buah, contohnya Neurospora crassa. Bentuk tubuh buah Ascomycota beragam, ada yang seperti mangkuk, adapula yang bulat. 


Reproduksi Ascomycota terjadi secara aseksual dan seksual.
Pada Ascomycota multiselular, reproduksi aseksualnya terjadi dengan cara membentuk konidia. Konidia merupakan spora aseksual yang dibentuk di ujung konidiofor. Konidiofor sendiri adalah hifa yang termodifikasi membentuk tangkai sporangium.

Reproduksi secara seksual pada Ascomycota uniselular terjadi dengan cara konjugasi. Hasil dari konjugasi adalah sel diploid. Sel diploid ini memiliki bentuk memanjang dan membentuk askus. Askus merupakan struktur mirip kantung yang mengandung spora (askospora). Inti diploid akan mengalami meiosis dan membentuk inti yang haploid. Inti­inti yang haploid ini akan menjadi askospora.

Adapun pada Ascomycota multiseluler, reproduksi seksualnya terjadi dengan cara perkawinan antara hifa haploid (n) yang berbeda jenis, yaitu hifa positif dan hifa negatif. Pada saat penyatuan, akan terbentuk hifa dikariotik (berinti dua). Pada ujung hifa dikariotik ini akan terjadi fusi (penyatuan) inti sehingga sel­selnya menjadi diploid (2n).
Setelah itu, terjadi peristiwa meiosis yang akan membentuk kembali inti­inti yang haploid (n).

Pada hifa dikariotik, ujung­ujungnya akan membentuk askus. Askus tersebut akan berkelompok membentuk tubuh buah (askokarp).

Berikut ini Siklus reproduksi seksual dan aseksual pada jamur divisi Ascomycota :



Divisi Basidiomycota

Jamur dari divisi ini memiliki jumlah sekitar 25.000 spesies. Nama dari divisi ini diambil dari bentuk diploid yang terjadi pada siklus hidupnya, yaitu basidium. Basidiomycota hidup sebagai dekomposer pada kayu atau bagian lain tumbuhan. 


Basiodiomycota memiliki tubuh buah (basidiokarp) yang besar sehingga mudah untuk diamati. Bentuk jamur ini ada yang seperti payung, kuping, dan setengah lingkaran. Tubuh buah Basidiomycota terdiri atas tudung (pileus), bilah (lamella), dan tangkai (stipe).

Reproduksi pada jamur ini terjadi secara aseksual dan secaraseksual. Reproduksi secara aseksual menghasilkan konidia. Adapun secara seksual terjadi dengan cara perkawinan antara hifa yang berbeda jenisnya. Pada saat perkawinan ini, hifa yang berbeda jenis tersebut bersatu dan dinding selnya hancur. Akibat dari hancurnya dinding sel ini, plasma sel akan bercampur atau disebut juga plasmogami. Pada saat pencampuran plasma sel, inti pun bersatu dan berkembang menjadi hifa dikariotik yang diploid. Hifa dikariotik ini nantinya akan mengalami meiosis dan menjadi inti yang haploid.

Berikut ini siklus hidup pada jamur divisi Basidiomycota :




Contoh jamur divisi ini adalah jamur merang (Volvariella volvaceae) dan jamur kuping (Auricularia polytricha). Kebanyakan jamur dari divisi Basidiomycota ini dapat dikonsumsi.


Referensi
http://www.belajarmateri.com/2017/03/pengertian-dan-klasifikasi-kingdom-fungi.html




KESEMPATAN KARIR JADI PENGAJAR/TUTOR "Sahabat Belajar"

Isikan Bodata Diri Dengan Lengkap dan Jelas, Selanjutnya kami akan memberi kesempatan KARIR untuk mengajar kepada anda setiap kesempatan yang ada via data nomer telephone, pin , email kepada anda selalu.

Sementar butuh Area Kota jawa Timur Khususnya Surabaya ,Malang,Sidoarjo.
Klik Gambar dibawah ini


Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar Sahabat belajar yang tidak mengandung unsur penipuan, spam, pornografi juga promosi. Bila ada link yang perlu di cantumkan untuk keperluan pribadi tulis dalam "Join link with us" Terimakasih. "Good Luck"

Manfaatkan web ini, mohon sahabat "Like"