Saturday 22 April 2017

Asam Nukleat

Asam Nukleat



Pengertian

Asam nukleat adalah biopolimer atau biomolekul berukuran besar, yang merupakan senyawa penting untuk segala bentuk kehidupan. Termasuk di dalamnya adalah asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat (RNA),. Keduanya terbuat dari monomer yang disebut dengan nukleotida. Masing-masing nukleotida mempunyai tiga komponen, yaitu gula pentosa, gugus fosfat dan basa nitrogen. Jika gulanya deoksiribosa, polimernya adalah DNA. 

Jika gulanya ribosa, polimernya adalah RNA. Ketika ketiga komponen tersebut digabungkan, maka akan membentuk nukleotida. Nukleotida juga dikenal sebagai nukleotida fosfat.
Asam nukleat adalah salah satu makromolekul biologis yang paling penting (selain asam amino / protein, gula / karbohidrat, dan lipid / lemak). Zat ini ditemukan melimpah di semua makhluk hidup, yang berfungsi dalam encoding, transmisi dan merumuskan informasi genetik. Dengan kata lain, informasi disampaikan melalui urutan asam nukleat, atau urutan nukleotida dalam molekul DNA atau RNA. Rantai nukleotida dirangkai dalam urutan tertentu adalah mekanisme untuk menyimpan dan mengirimkan turunan, atau informasi genetik melalui sintesis protein.


Sejarah

Sejarah penemuannya adalah sebagai berikut:


  1. Ditemukan oleh Friedrich Miescher pada tahun 1869.
  2. Tahun 1889 Richard Altmann menemukan bahwa nuklein memiliki sifat asam, sehingga menjadi disebut asam nukleat
  3. Pada tahun 1938 Astbury dan Bell diterbitkan pola difraksi sinar-X pertama DNA.
  4. Pada tahun 1953 Watson dan Crick menentukan struktur DNA.
  5. Studi eksperimental asam nukleat merupakan bagian utama dari yang biologi modern dan penelitian medis, dan
  6. membentuk dasar bagi genom dan ilmu forensik dan bioteknologi serta industri farmasi.


Pembentukan dan Tata Nama

Istilah asam nukleat merupakan nama keseluruhan untuk DNA dan RNA, anggota keluarga biopolimer, dan hal ini identik dengan polinukleotida. Asam nukleat diberi nama untuk penemuan awalnya dalam nukleus, dan untuk adanya gugus fosfat (terkait dengan asam fosfat). Meskipun pertama kali ditemukan dalam nukleus dari eukariotik sel, molekul ini sekarang dikenal dapat ditemukan di semua bentuk kehidupan. 

Semua sel hidup mengandung DNA dan RNA (kecuali beberapa sel seperti sel-sel darah merah yang matang), sedangkan virus mengandung baik DNA atau RNA, tetapi biasanya tidak keduanya. Senyawa ini juga dihasilkan dalam laboratorium, melalui penggunaan enzim (polimerase DNA dan RNA) dan oleh sintesis kimia fase padat. Metode kimia juga memungkinkan pembuatan asam nukleat termodifikasi yang tidak ditemukan di alam, misalnya peptida asam nukleat .


Komposisi Molekul dan Ukuran

Asam nukleat umumnya berupa molekul yang sangat besar. Molekul DNA mungkin molekul individu terbesar yang diketahui.

Molekul asam nukleat biologis yang sudah dipelajari ada di berbagai ukuran dari 21 nukleotida ke kromosom besar (kromosom manusia 1 adalah molekul tunggal yang berisi 247 juta pasang basa).

Dalam kebanyakan kasus, molekul DNA yang terbentuk secara alami adalah berbentuk double helix dan molekul RNA berupa single helix.


Asam nukleat adalah polimer linier (rantai) nukleotida. Setiap nukleotida terdiri dari tiga komponen yaitu basa nitrogen purin atau pirimidin, sebuah gula pentosa, dan gugus fosfat. Substruktur terdiri dari gula ditambah basa nitrogen disebut sebagai nukleosida. Jenis keduanya berbeda jika ditinjau dari struktur gula dalam nukleotida, yaitu DNA mereka mengandung 2- deoksiribosa sedangkan RNA mengandung ribosa, di mana satu-satunya perbedaannya adalah adanya gugus hidroksil.

Basa nitrogen yang terdapat dalam dua jenis asam nukleat juga berbeda. Adenin, sitosin dan guanin ditemukan di RNA dan DNA, sedangkan timin hanya ada pada DNA dan urasil hanya ada pada pada RNA.



Referensi
https://www.ilmukimia.org/2016/12/asam-nukleat.html




KESEMPATAN KARIR JADI PENGAJAR/TUTOR "Sahabat Belajar"

Isikan Bodata Diri Dengan Lengkap dan Jelas, Selanjutnya kami akan memberi kesempatan KARIR untuk mengajar kepada anda setiap kesempatan yang ada via data nomer telephone, pin , email kepada anda selalu.

Sementar butuh Area Kota jawa Timur Khususnya Surabaya ,Malang,Sidoarjo.
Klik Gambar dibawah ini


Next Prev home

0 comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar Sahabat belajar yang tidak mengandung unsur penipuan, spam, pornografi juga promosi. Bila ada link yang perlu di cantumkan untuk keperluan pribadi tulis dalam "Join link with us" Terimakasih. "Good Luck"

Manfaatkan web ini, mohon sahabat "Like"